Hi Youth, Seberapa Penting Menjadi Diri Sendiri?

“Waking up to who you are requires letting go of who you imagine yourself to be.” ~Alan Watts

Seringkali kita mendengar pernyataan “Jadilah Dirimu Sendiri”, dan ini adalah hal yang sangat luar biasa untuk dilakukan. Bagaimana dengan orang yang jahat pada temannya? Bagaimana dengan orang yang takut berada di sekitar banyak orang dan selalu menghindari keramaian?

Authentic Friends, Untuk menjadi diri sendiri itu sebenernya mudah. Orang yang jahat atau yang takut bersosialisasi, pada kenyataannya mereka bukan menjadi dirinya sendiri. Diri mereka sebenarnya hanya menjadi tertutup berdasarkan pikiran dan rasa takut. Jadi, diri sejati kita adalah siapa kita sebenarnya saat kita melepaskan semua cerita, label, dan penilaian-penilaian yang sudah kita tempatkan pada diri kita sendiri. Diri kita yang sebenarnya saat kita membiarkan jatuh ke lantai, membiarkan jubah kita diambil orang lain.

Get in touch with your inner child

Kalau kita lihat anak-anak kecil, kita akan melihat betapa bebasnya mereka dan gimana mereka peduli tentang apa yang orang lain pikirkan tentang mereka. Mereka sangat enjoy! mereka adalah sifat sejati mereka. Anak-anak gak pernah peduli jika orang-orang berpikir mereka bodoh, sementara mereka terus menari dihalaman dan dilihat banyak orang.

Nah, kita pun bisa untuk mulai berani bersosialisasi dan menekan sifat sejati kita untuk keluar dari rasa takut dari apa yang orang lain pikirkan tentang kita. Saat kita mulai menemukan diri kita takut dihakimi, ingatlah bahwa ini bukan kita yang sebenarnya.

Become more aware of your thoughts

Sadarkah kita dengan banyaknya jumlah pikiran-pikiran negatif yang berjalan menuju pikiran kita setiap harinya. Disini kita harus lebih sadar dan meningkatkan kualitas pemikiran kita. Coba deh, biarkan diri kita untuk duduk tenang setiap hari selama 5 sampai 10 menit saja.

Kita memiliki banyak keyakinan bawah sadar, kita akan percaya untuk menjadi siapa diri kita. Dengan duduk tenang kita bisa lebih sadar akan kualitas dari pikiran kita, melepaskan keyakinan yang lalu, dan menjadi lebih hadir..semua ini akan membantu dalam mengungkapkan sifat sejati kita.

Follow your intuition

Mungkin ini salah satu faktor yang paling penting dalam menjadi diri sendiri.

“Aku mengabaikan intuisiku untuk waktu yang lama karena aku merasa berkewajiban untuk orang lain. Kebahagiaan mereka adalah lebih penting daripada diriku sendiri”

Authentic Friends untuk menjadi bahagia kita harus berani keluar dari zona nyaman, walaupun kita tetap akan menemukan sedikit kendala dalam perjalanannya, tapi kalau kita berada dalam keselarasan jiwa kita maka kita akan selalu berjalan ke arah yang benar. Ikuti intuisi kita untuk keluar dari kesulitan, contohnya ketika kita sudah merasa gak nyaman dengan suasana kerja maka kita bisa segera keluar dari zona itu. Tapi ingat, tetap ada yang harus Authentic Friends sebelumnya kuta bisa lakukan hal-hal kecil seperti mencari pekerjaan baru, coba terus mengirim email cv lamaran, mengambil rute yang berbeda untuk bekerja, dsb. Agar kita juga bisa terus melanjutkan hidup dan cita-cita kita.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s