Self Kritik yang Seimbang Baik Untuk Diri Sendiri

Negatif self-talk dan khawatir tentang apa yang orang lain katakan bisa menghisap energi yang dibutuhkan untuk menjadi yang lebih baik.

Hasil dari lima studi psikologis menunjukkan pola yang konsisten dari hubungan negatif antara self-kritik dan kemajuan tujuan: Peserta yang mengalami self-kritik dilaporkan secara signifikan mengalami kemajuan lebih sedikit saat ingin menggapai tujuan mereka.

Dikesempatan lain hubungan positif antara self (diri sendiri) yang berorientasi pada kesempurnaan dan kemajuan tujuan, yaitu: Ketika self-kritik dikendalikan, peserta dilaporkan secara signifikan lebih banyak ,mengalami kemajuan dalam menggapai tujuan.

Self-kritik ini bisa menjadi baik jika porsinya pas dan bisa berdampak buruk bagi diri kita jika terlalu berlebihan. So, gimana apa sih tips-tipsnya agar kita bisa menjalani self-talk yang positif?

 

1. Lebih fokus pada self-talk yang positif.
Cobalah melakukan pujian bagi diri sendiri pada hal-hal yang telah kita lakukan dengan baik; mengakui prestasi kita, tidak peduli seberapa kecil. Lakukan sebelum tidur, hal ini dapat membantu menjaga energi kita untuk esok hari.

2. Praktek kebaikan terhadap diri sendiri.
Bersikap baik kepada diri sendiri adalah sama pentingnya dengan bersikap baik terhadap orang lain.

Tanyakan pada diri kita:
“Apakah kita sudah merawat diri sendiri dengan baik?
Apakah kita sudah ramah pada diri sendiri?
Apakah kita akan menjadi lebih pemaaf dari ketidaksempurnaan manusia?”

3. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Selalu ada seseorang yang lebih baik dari kita.  Maka hal yang paling baik adalah bisa menerima kenyataan bahwa kita tidak sempurna, dan lebih baik fokus menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri.

4. Menjadikan kesalahan sebagai kesempatan belajar.

Hidup menjadi proses perbaikan diri, dan selalu ada saja kesalahan-kesalahan yang tidak dapat dihindari. Ini merupakan sebuah perjalanan. Diri kita sebenarnya memiliki banyak potensi yang besar dan akan banyak area untuk memperbaiki diri. Maka melihat kesalahan-kesalahan sebagai peluang adalah hal yang tepat; Kesalahan-kesalahan yang telah kita lakukan akan menunjukkan kepada diri kita apa yang kita butuhkan untuk menjadi yang terbaik yang kita mampu.

5. Bersabar dengan diri sendiri.
Besar usaha yang diperlukan untuk mengubah cara berpikir kita dan untuk menumbuhkan self-talk positif agar bisa lebih tenang, lebih masuk akal bagi kita. Hidup kita adalah pekerjaan yang sedang berjalan, sehingga setiap hari kita perlu melakukan sesuatu yang positif bagi kita dan orang lain. Berlatih menjadi yang alami (menjadi diri sendiri) adalah yang terbaik agar kita menjadi lebih nyaman. Yang paling penting, jangan menyalahkan diri sendiri ketika kita gagal melakukan yang terbaik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s