Bagaimana Cara untuk Melepaskan Emosi yang Terjebak dalam Tubuh dan Melepaskan Rasa Sakit?

Kita adalah makhluk emosional, dan kita dilahirkan untuk mengekspresikan emosi dengan bebas dan terbuka. Dimana saja kita berada, kita selalu belajar untuk mengendalikan emosi dalam rangka menyesuaikan diri, mendapatkan cinta dan dapat diterima dalam pergaulan.

Namun pada kenyataannya dalam mengendalikan emosi tidak semudah yang dibayangkan, terkadang kita harus menyembunyikan emosi-emosi dengan berpura-pura, menghindari, dan menyangkal emosi tidak nyaman dalam upaya mempertahankan diri.

Seringkali kita jalan beriringan dengan emosi-emosi seperti rasa malu, takut, atau marah. Ketika kita mengalami kejadian-kejadian yang secara emosional menguasai kita dan kita tidak dapat memproses apa yang terjadi, menerima emosi kita, dan mengungkapkannya melalui tubuh dan pikiran kita, kita menyembunyikannya jauh di dalam diri kita di mana orang lain tidak dapat melihatnya. Dan akhirnya kita juga menyembunyikan emosi-emosi tersebut dari diri kita sendiri. Namun, perasaan-perasaan itu masih tetap ada.

Dengan emosi yang belum terselesaikan dan terjebak dalam tubuh kita di mana mereka menjadi semakin besar, menguras energi kita yang menyebabkan kelelahan, ketidakseimbangan emosional, dan akhirnya jadi penyakit. Hal tersebut kemudian diproses menjadi energi emosional yang disimpan dalam organ tubuh kita, otot, dan jaringan. Hal ini bisa menyebabkan peradangan dan masalah kesehatan kronis, serta merusak kesejahteraan hidup kita. Lalu bagaimana mengatasi hal tersebut?

Authentic Friends berikut 3 Langkah untuk Pengolahan Energi Emosional yang Terjebak dalam Tubuh kita:

Langkah 1: Mengenali (self-awareness)

Tantangannya adalah untuk mengenali emosi dan merasakan dia dalam tubuh kita, ini adalah di mana kesadaran datang. Tujuannya adalah untuk melihat apa yang terjadi di dalam tubuh kita, menerimanya, dan merasakan sepenuhnya, tanpa penghakiman.

Cara ini juga mengajarkan kita untuk menghadapi kesulitan, dengan self-kasih sayang dan pengertian yang pada akhirnya masalah akan selesai.

Langkah 2: Merespon (self-expression)

Emosi perlu diungkapkan untuk diproses. Tujuannya adalah untuk memindahkan energi dari emosi dan mengeluarkannya melalui tubuh. Ini merupakan ekspresi diri yang harus otentik dan diwujudkan. Ingat, kesembuhan sejati terjadi ketika tubuh dan pikiran terintegrasi.

Seringkali kita tidak punya waktu dan ruang untuk memproses emosi saat ini, jadi sisakan waktu luang untuk membiarkan diri kita berada disuatu ruangang untuk merasakan emosi kita di setiap akhir hari. Tuliskan ke dalam sebuah jurnal, apa yang menjadi sumber besar dari masalah, stress atau frustrasi? kemudian rasakan sensasi didalam tubuh kita, bagian-bagian mata yang mati rasa, sakit atau beku. Sinyal-sinyal pada tubuh kita akan memberitahu dan akhirnya kita bisa melakukan penyembuhan, memberikan perhatian dan melakukan perubahan bagi diri kita sendiri.

Langkah 3: Reset (self-care)

Jika kita sudah terbiasa mengendalikan emosi kita, kita harus kembali mendedikasikan diri untuk tubuh-pikiran, perawatan diri, dan melalukan penyembuhan serta menikmati kebiasaan-kebiasaan yang akan membawa kita ke perasaan sejahtera.

Tujuannya adalah untuk meluruskan kembali dengan diri sejati kita, reset kembali diri kita ke lokasi dan keadaan terbuka, serta kembali ke kesehatan dan keseimbangan.

Terjebak emosi? Mereka hanya akan menyabot upaya kita untuk menciptakan kehidupan yang kita inginkan dan bisa membuat kita sengsara sepanjang jalan. Membebaskan diri dari energi emosional yang terjebak di dalam tubuh kita dapat menggeser kehidupan kita ke arah yang positif. Tetap semangat Authentic Friends!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s