3 Hal Yang Dilakukan Orang Tua Otentik

Pernahkah kamu mengingat masa kecilmu dimana saat impianmu hancur atau aspirasimu diabaikan ? Seseorang bercerita tentang masa kecilnya saat Ia mengatakan kepada ayahnya Ia akan menjadi seorang penulis hebat, namun ayahnya mengatakan bahwa anak itu tidak akan memiliki banyak kesempatan untuk meraihnya.

Hal yang dilakukan sang ayah tersebut mungkin bukan bermaksud untuk menghancurkan impian sang anak, namun ayah tersebut ingin mengarahkan anaknya ke masa depan yang lebih baik, misal menjadi dokter, arsitek atau pegawai negeri.

Tapi satu hal yang perlu diingat saat kita menjadi orang tua nanti, keinginan yang baik semestinya diiringi dengan tindakan yang baik juga.

Nah, ada yang berbeda di dalam pengasuhan yang otentik dimana pengasuhan ini dimulai dengan keyakinan bahwa setiap orang terlahir unik. Orangtua otentik melakukan yang terbaik untuk merawat dan memelihara anak-anak mereka sehingga mereka berkembang dengan penuh potensi.

Untuk melakukan ini, kita harus mendengarkan anak-anak dengan seksama, memahami sudut pandang mereka, menyadari keinginan mereka, dan melakukan yang terbaik dengan tidak untuk mengontrol dan mengatur hidup mereka. Sebaliknya kita harus memberdayakan dan membebaskan mereka untuk tumbuh ke arah mereka sendiri.

Ada 3 hal yang dilakukan orang tua otentik, yaitu:

1. Orang tua menunjukan minat, artinya orang tua otentik mendengarkan anak-anak mereka untuk mencari tahu apa yang menarik bagi mereka. Orang tua otentik ingin memahami bagaimana rasanya menjadi anak-anak itu untuk kemudian mendukung mereka (anak-anaknya) untuk mengembangkan bakat dan potensinya.

2. Orang tua memahami individualitas, disini orang tua otentik tidak memaksa anak-anaknya untuk menjadi apa yang orang tua inginkan. Orang tua otentik memberi kebebasan kepada anak-anaknya untuk menjadi diri sendiri.

3. Orang tua otentik membiarkan anak-anaknya menemukan jalan hidupnya sendiri. Orangtua otentik memahami bahwa dunia anak-anak merekabukan dunia mereka. Mereka mencoba untuk mengenal dunia anak-anaknya, tetapi mereka tidak mencoba untuk masuk ke dalamnya. Anak-anak perlu untuk mengembangkan keterampilan untuk menavigasi masa depan, bukan masa lalu.

Authentic Friends, pengasuhan itu sulit, dan tak ada yang selalu benar, tapi tips ini mungkin bisa membantu para orang tua dalam mengasuh anak-anaknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s